DKP Bali Gelar Bintek Manajemen Usaha di Tabanan


Bupati Tabanan Ni Putu Eka Wiryastuti memberikan apresiasi dan atensi yang besar terhadap bidang perikanan dan kelautan di Tabanan karena memiliki potensi besar yang belum dimanfaatkan secara optimal.
Hal itu terungkap dalam sambutan tertulis Bupati Wiryastuti yang dibacakan oleh Plt. Sekda Tabanan Ir. I Nyoman Wirna Ariwangsa, MM saat membuka Bimbingan Teknik (Bintek) Manajemen Usaha Perikanan dan Kelautan yang dilaksanakan oleh Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Bali di Aula Dinas Perikanan dan Kelautan (Diskanlaut) Kabupaten Tabanan, Rabu (25/7).
Menurut Bupati Wiryastuti, belum optimalnya pemanfaatan potensi perikanan dan kelauatan tersebut di antaranya karena masih rendahnya pengetahuan dan keterampilan para pelaku utama perikanan dan kelautan. Terkait hal itu, Pemkab Tabanan sangat mendukung program DKP Bali dalam percepatan peningkatan kualitas sumber daya manusia melalui bintek ini. “Ke depan saya berharap bintek ini bisa dilaksanakan berkelanjutan,” harapnya.

Sebelumnya, Ketua Panitia Bintek Ir. AA Sanjaya dalam laporannya mengungkapkan Bintek yang digelar selama tiga hari ini bertujuan untuk membantu para pelaku usaha perikanan dan kelautan, terutama kelompok Usaha Menengah Kecil dan Mikro (UMKM). “Melalui Bintek, diharapkan peserta dari kalangan UMKM bisa meningkatkan pengetahuan dan kemampuannya dalam mengelola usaha, utamanya dalam hal administrasi dan manajemen keuangannya yang selama ini masih lemah,” paparnya.
Terkait hal itu, materi Bintek yang diberikan oleh para narasumber dari DKP dan Diskanlaut Tabanan di antaranya adalah Kewirausahaan, Permodalan, Studi Kelayakan Usaha Perikanan, Manajemen Pemasaran, Kemitraan Usaha, Administrasi dan Keuangan Kelompok serta Dinamika dan Kelembagaan Kelompok. “Materi diberikan secara teori dan praktek. Jumlah peserta 40 orang terdiri dari pengurus kelompok pembudidaya ikan, nelayan, pengolah dan pemasar hasil perikanan se-Kabupaten Tabanan,” lapornya. (gus)

__________
Sumber: Jayalah Perikanan dan Kelautan Indonesia

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below