Mol Tape

Mol tape merupakan kepanjangan dari Mikro Organisme Lokal yang terbuat dari Tape. Tape apa saja deh yang penting tape. Bisa tape ketan atau pun singkong. Kalau ada tape alternatif lain juga boleh. Mol ini bisa dikembangbiakkan sebagai starter pembuatan kompos organik. Pembuatan kompos ini dapat dipersingkat proses pembuatannya dengan pemberian starter mol tape. Hanya memakan waktu sebulan kompos sudah siap digunakan. Ide membuat mol tape ini bukan hal baru, saya pertama kali tahu dari Pak Sobirin. Orang yang penuh dedikasi terhadap lingkungan. Terimaksih pak Sobirin.


Ada beberapa teman yang menanyakan tentang pembuatan mol tape ini, sudah saya kasih tahu ada di blognya pak Sobirin, tapi ya tetap aja pingin penjelasan dari aku. Yah, tulisan ini mengulas ulang apa yang sudah ditulis sama masternya. Semoga menjadi amal bagi aku dan kita semua yang peduli dan menjaga lingkungan sekitar dengan baik.
Kebanyakan dari kita memandang sampah dapur sebagai bahan kotor dan menjijikkan, sehingga perlu segera disingkirkan dan dimusnahkan dari hadapan kita. Padahal dari sampah itulah kita bisa berkontribusi terhadap penyelamatan lingkungan. Tentang sampah kotor dan pembahasannya akan kita bahan dlam tulisan-tulisan selanjutnya.
Mari kita segera ke inti bahasan kita, yaitu cara pembuatan mol tape:
1.    Gunakan botol air mineral yang 1,5 literan, tutup botolnya gak usah dipasang
2.    Masukkan tape sebanyak 1 sendok makan penuh ke dalam botol
3.    Masukkan air sumur sebanyak ¾ bagian botol
4.    Masukkan gula merah atau gula pasir sebayak 5 sendok makan
5.    Kocok-kocok sampai semua larutan tercampur
6.    Biarkan semingguan dalam kondisi terbuka, dan mol siap digunakan
7.    Ciri-cirinya mol sudah jadi adalah beraroma alcohol dan wangi
8.    Kalau ingin memperbanyak mol, cukup dengan membagi isi botol menjadi 2 bagian, lalu masukkan gula 5 sendok makan dan tambahkan air sampai ¾ bagian.
9.    Ulangi tahap-tahap di atas untuk memperoleh mol lebih banyak lagi
Mol tape ini bisa digunakan sebagai starter dan pupuk cair. Mol tape sebagai pupuk cair harus diencerkan dulu dengan perbandingan 1 : 20 [1 bagian mol tape dan 20 bagian air sumur]. Cara yang paling gampang agar pupuk cair tidak langsung terkena batang tanaman adalah dengan memasukkan pupuk cair ke botol dengan tutup botol yang sudah dilobangi sebesar sapu lidi. Cara penyirman seperti menuangkan kecap melalui tutup botol yang sudah berlubang. INGAT, jangan sampai terkena batang tanaman. Pemberian pupuk cair dilakukan 3 hari sekali.
Aplikasi pada tanaman cabe yang pernah aku lakukan membuat tanaman terlihat segar, daun lebih hijau dan bunga tidak banyak yang rontok. Jadi buahnya menjadi lebat daripada sebelumnya.

__________
Sumber: PERTANIAN KEHUTANAN

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below