Peluang Bisnis Kemitraan Ternak Bebek

Banyak jenis usaha peternakan yang memiliki prospek dan peluang bisnis menjanjikan sekarang dan masa depan, peluang bisnis kemitraan ternak bebek misalnya, samapai saat ini belum ada perusahaan besar yang focus menjalankan kemitraan ternak bebek. Berbeda dengan ternak ayam broiler, ada beberapa perusahaan besar yang serius menangani kemitraan ternak ayam pedaging ini sebut saja salah satu anak perusahaan Charoen Pokphan Group dan Japfa. Teknis pengembangan kemitraan ternak bebek dengan ayam ras mestinya tidaklah berbeda jauh secara konsep.

Arti usaha kemitraan pada budidaya peternakan seperti ayam dan bebek adalah usaha kerjasama antara plasma dan inti. Jadi dalam kemitraan ada dua peran pelaku bisnis yakni Inti yang diperankan oleh perusahaan pemasok mulai dari pakan, bibit ternak, peralatan kandang dan obat-obatan, dan adanya plasma yang diperankan oleh masyarakat peternak yang menyediakan kandang dan tenaga kerja untuk mengurus ternak bebek tersebut. Begitu jugalah konsep dalam kemitraan ternak bebek.

Dalam bisnis kemitraan ternak bebek yang akan anda bangun harus jelas tenang kontrak kerja, didalam kontrak kemitraan biasanya desebutkan tentang aturan-aturan yang mengatur plasma dan inti, beserta harga panen (hasil produksi ternak) yang ditetapkan dalam kontrak tersebut. Kontrak kemitraan sifatnya mengikat dan memiliki kekuatan hokum, kedua belah pihak (plasma an inti) wajib menjalankan butir-butir yang tercantum dalam kontrak kemitraan ternak bebek tersebut.

Berbicara tentang peluang bisnis kemitraan pada peternakan bebek saya rasa sangat potensial untuk dikembangkan, mengingat kebutuhan protein masyarakat Indonesia yang semakin hari semakin meningkat. Kelebihan kemitraan ternak bebek dibandingkan dengan kemitraan ayam broiler terletak pada kelangkaan perusahaan yang focus memanajemen kemitraan ternak bebek ini, jadi sebagai pemain barupun anda bisa dipastikan akan berkembang dengan cepat sebab saingan masih sangat sedikit. Jadi sungguh benar bahwa kemitraan ternak bebek ini masih sangat berpeluang besar untuk dikembangkan sebagai perusahaan.

Kekurangan kemitraan ternak bebek mungkin terletak pada putaran modal yang akan cukup lama, mengingat masa panen ternak bebek lebih panjang dibandingakan dengan masa panen ayam broiler (per periode). Jadi sebagai pengusaha kemitraan ternak bebek anda akan dituntut memiliki kesabaran tinggi dalama perputaran modal. Selain masa panen harga bibit (DOC) bebek jauh lebih mahal dibandingkan dengan DOC ayam broiler disini akan menuntuk tenaga ahli professional untuk bisa mengurangi penyakit ternak bebek sebab bila terjadi tingkat kematian tinggi maka kerugian besar pasti akan ditanggung oleh pihak kemitraan terutama inti.

Secara teknis kemitraan ternak bebek ini pastilah berbeda jauh dengan kemitraan ternak ayam, mengingat cara beternak ayam berbeda jauh dengan cara beternak bebek. Perbedaan terlihat jelas pada system kandang, dimana kandang ayam cenderung kering dan kandang bebek membutuhkan adanya kolam berenang bebek. Secara spesifik dalam perencaranan pembangunan kemitraan silahkan hubungi kami sebagai teman sharing anda.
__________
Sumber: Peternakan

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below