pembesaran itik potong masa starter

oleh : Dody Faizal
Trend masakan dengan menggunakan daging bebek saat ini kian meningkat, seiring dengan perkembangan jaman, daging bebek diolah dengan berbagai macam menu, dari sini akhirnya mendorong tumbuh kembangnya konsumsi daging bebek. dahulu daging bebek diperoleh dari bebek yang sudah tidak produktif/ afkir, karena kebutuhan daging bebek terus meningkat, maka diperlukan suply tambahan, salah satu alternatif yang sangat prospek adalah penyediaan daging bebek dari bebek jantan, atau bebek jenis pedaging. sehingga saat ini bebek pedaging atau biasa disebut bebek potong pembudidayaanya kian diminati. tetapi hal ini tidak diimbangi dengan pemeliharaan yang baik, sehingga bebek potong atau pedaging terkadang outputnya tidak sesuai yang diinginkan, atau diluar spek. untuk itu perlu dipelajari pemeliharaan itik yang baik dan benar, terutama pada masa starter.
dari penggolongan masa pemeliharaan itik, secara garis besar terdapat kesamaan antara pemeliharaan itik petelur dengan itik pedaging, kita sepakati masa starter adalah masa 0 hari sampai dengan masa 21 hari, masa ini dianggap masa paling rawan, bagaimana tidak, tumbuh kembang itik ditentukan pada masa ini.
langkah pertama untuk pemeliharaan itik pedaging masa starter adalah itik dikeluarkan dari kemasan atau kotak penyimpanan, dan dimasukkan dalam kandang starter biarkan beberapa jam, misalkan satu jam, biar itik dalam keadaan tenang, setelah itu beri air minum yang dicampur dengan larutan vitamin, jika tidak ada beri dengan air gula merah, dengan maksud untuk meningkatkan ketahanan tubuh pada itik. pemberian vitamin pada itik ini dilakukan terus menerus pada 7 hari pertama tanpa sela, setelah itu pemberian vitamin bisa dilakukan sehari sekali, atau jika ingin hasil yang optimal pemberian vitamin pada itik dilakukan sampai itik umur 2 minggu tanpa jeda waktu. setelah DOD atau anak itik kondisinya membaik dan normal bisa diberikan makan. makanan dalam hal ini berbentuk butiran, bisa dibeli di toko pakan ternak, khusus untuk masa starter, dengan jumlah yang disesuaikan dengan kebutuhan itik pedaging. hal lain yang perlu diperhatikan adalah sesampai di kandang box, itik yang diberi minum perlu dijaga agar bulunya tidak basah karena mandi air minum yang telah disediakan, karena hal ini dapat berakibat pada kematian itik. untuk itu perlu kiranya diperhatikan serta diawasi agar kondisi bulu itik agar tetap kering, dan itik tidak mandi pada air minum yang telah disediakan, jika ada itik yang terlanjur basah dikarenakan air yang menempel pada bulunya segera di karantina, dan diberikan pemanasan khusus agar kondisinya kering dan pulih seperti sedia kala.
untuk pemberian pakan pada masa 21 hari pertama sebaiknya menggunakan standart bahwa pakan tersebut mengandung 20% sampai 21% kadar protein, dan 3000 sampai 3200 kkal. setelah melewati 21 hari maka kadar protein dan kalori disesuaikan sesuai dengan umur itik tersebut. untuk menunjang agar asupan gizi itu maksimal maka tempat pakan yang disediakan harus mencukupi, hindari itik yang berdesak desakan sewaktu itik makan, jadi usahakan tempat pakan cukup untuk itik, dan semua itik dipastikan kebagian pakan yang telah disediakan.
ada beberapa standart kuantitas/ banyaknya pemberian pakan untuk itik, pada hari pertama datang, untuk sehari bisa diberikan 5 gr/ekor, kemudian ditambah 3 gr/hari sampai umur 7 hari. sedangkan mulai hari ke 8 pakan ditambah 4 gr sampai umur 21 hari, dan selanjutnya ditambah 5 gr sampai usia panen. jadi untuk masa starter hal yang perlu diperhatikan adalah cara pemberian pakan, tempat pakannya, tempat minumnya, serta kepadatan untuk ternaknya. jika keempat faktor tersebut di perhatikan maka dapat diperoleh hasil yang maksimal.
selamat beternak !!!

__________
Sumber: Peternakan Dody, Jual bebek petelur, DOD itik, dan bebek potong

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below