Moeldoko dan KH Ma’ruf Amin akan Meriahkan Harlah Pengusaha Nahdliyin

0
1196
KH Ma’ruf Amin dan Moeldoko akan Meriahkan Harlah Pengusaha Nahdliyin

HKTI.ORG JAKARTA – Wakil Presiden KH Ma’ruf Amin dan Kepala Staf Kepresidenan (KSP) yang juga Ketua Umum Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (HKTI), Moeldoko, dijadwalkan menjadi pembicara dalam forum Webinar Nasional Himpunan Pengusaha Nahdliyin (HPN) pada 9 Oktober 2020.

Forum tersebut dilaksanakan dalam rangka ulang tahun HPN ke-9 pada Jumat 09 Oktober 2020. Webinar Nasional tersebut mengambil Tema Besar “Arus Baru Ekonomi Indonesia dan Peran Serta Pengusaha Nahdliyin dalam Revitalisasi Ekonomi Nasional”.

Selain Wapres dan KSP, insyaallah sejumlah nara sumber penting lain juga direncanakan hadir, antara lain, Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) KH Said Aqil Siroj, Gubernur Bank Indonesia (BI) Perry Warjiyo, dan Menteri Koperasi/UKM Teten Masduki.

Tokoh lain yang rencananya juga menjadi nara sumber adalah Kepala Badan Pelaksana Badan Pengelola Keuangan Haji (BPKH) Anggito Abimanyu, Kepala Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia, dan sejumlah pengusaha dari kalangan Nahdliyin.

Melalui forum webinar ini, HPN berharap dapat memberikan oase baru kepada pelaku usaha mikro dan menghidupkan sendi sendi ekonomi masyarakat di masa pandemi virus Covid 19 yang sudah hampir setahun menjadi pukulan berat bagi pengusaha di semua sektor.

“Besar harapan kami, Harlah HPN ini menjadi momentum kebangkitan dan stimulus ekonomi mikro melalui UMKM/IKM,” tulis panitia. Menurut panitian, Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) memiliki peran strategis dalam menopang pertumbuhan ekonomi nasional setelah terdampak pandemi Covid-19. Hal itu terlihat dari kontribusi UMKM terhadap PDB Indonesia terus meningkat sampai sekitar 60% di masa pra pandemi.

Penyerapan tenaga kerja oleh UMKM juga sangat tinggi dan terus bertumbuh mencapai 96,99% – 97,22% dengan jumlah pelaku UMKM mencapai 62 juta atau sekitar 98% dari pelaku usaha nasional. Di sisi lain, UMKM juga menjadi sektor yang paling terpukul akibat wabah ini.

Berdasarkan survei terhadap 202 pelaku usaha roti, biskuit, cake (kue), jajanan pasar, mie, pancake dan pastry di Surabaya dan Jakarta, disebutkan bahwa sekitar 94% UMKM terdampak Covid-19. (Data berbagai sumber).

Kegiatan webinar ini akan live pada Jumat (9/10/20) dari tiga titik yakni: Gedung Bank Indonesia (ajang ISEF), Aryaduta Semanggi (Jakarta), dan Mueum Satria Mandala (Jakarta).
“Kami membatasi peserta fisik dan kami membuka channel link bagi publik yang ingin ikut serta dan menyaksikan dari awal hingga selesai, yakni pukul 09.00 – 16.00 WIB,” ujar Pauline Dhini, panitia.

Untuk informasi lebih lanjut dapat menghubungi Panitia Harlah HPN ke-9, antara lain Aan Yusgiatomo (081211831020) dan Pauline Dhini (081460725055). (mc)

Leave a reply

3 × 1 =