Direktur Sido Muncul Terima Award Pengusaha Peduli Pertanian dari HKTI

0
157
Direktur Sido Muncul Terima Award Pengusaha Peduli Pertanian dari HKTI
sumber berita https://news.detik.com/adv-nhl-detikcom/d-6761466/direktur-sido-muncul-terima-award-pengusaha-peduli-pertanian-dari-hkti.

Jakarta – Direktur Sido Muncul Irwan Hidayat menerima penghargaan dari Himpunan Kelompok Tani Indonesia (HKTI). Irwan dinilai sebagai pengusaha peduli pertanian dengan melakukan penyerapan rempah-rempah menjadi produk jamu.
Penghargaan diserahkan Ketua Umum HKTI Jenderal TNI (Purn) Moeldoko pada acara perayaan hari ulang tahun (HUT) HKTI ke-50 di Discovery Hotel, Ancol, Jakarta Utara, Rabu (7/6/2023).

Irwan, melalui PT Industri Jamu Dan Farmasi Sido Muncul, TBK, dianggap berkontribusi dalam perkembangan industri pertanian. Seperti diketahui, Sido Muncul mengolah rempah-rempah hasil pertanian lokal menjadi berbagai produk jamu. Irwan menyatakan penghargaan ini menjadi motivasi bagi Sido Muncul untuk terus membuat gebrakan lewat produk-produk jamu unggulan, memanfaatkan kekayaan rempah di Tanah Air, seperti kunyit, jahe, dan sebagainya.

Irwan menyampaikan saat ini Sido Muncul menjadi offtaker dari berbagai jenis rempah dari petani lokal. Ada lebih dari 130 kelompok tani yang menjadi mitra Sido Muncul. Di sisi lain, Irwan menegaskan pihaknya juga tengah fokus pada peningkatan mutu hasil pertanian.

“Kami akan mengupayakan supaya rempah-rempahnya itu bermutu. Kami sedang mengembangkan, seperti sekarang ini (tanaman) stevia, kemudian rempah-rempah (lain) supaya bahan-bahan rempah-rempah jamu supaya kualitasnya unggul,” tutur Irwan kepada media usai menerima penghargaan, Rabu (7/6/2023).

advsidomuncul

Foto: Yudistira Imandiar/detikcom

Sido Muncul memiliki fasilitas laboratorium untuk mendukung peningkatan mutu pertanian, khususnya rempah-rempah. Tim Sido Muncul secara berkelanjutan meneliti berbagai jenis rempah untuk mendapatkan mutu terbaik untuk memberikan khasiat yang optimal.

“Kami punya Laboratorium Penelitian Rempah Indonesia di pabrik. Kami punya nursery, kami punya green house. Jadi kita memang ngembangin itu,” jelas Irwan.

Selain itu, lanjut Irwan, Sido Muncul juga menjalin kerja sama dengan berbagai universitas di Indonesia untuk melakukan penelitian komprehensif soal rempah-rempah. Sido Muncul telah berkolaborasi dengan universitas terkemuka seperti Universitas Gadjah Mada (UGM), Universitas Lampung (Unila), dan lainnya.

“Bulan lalu kami (FGD) dengan UGM (Universitas Gadjah Mada). Kami berbagi ide dari unsur kehutanan, pertanian, sosial, budaya,” kata irwan.

advsidomuncul-2

Ia menambahkan, Sido Muncul tak hanya fokus mengembangkan dan memproduksi jamu dari rempah, tapi juga aktif mengedukasi masyarakat tentang khasiat rempah-rempah yang banyak tersedia di dalam negeri. Salah satunya kunyit yang disebut Irwan memiliki bermacam khasiat untuk tubuh.

“Bagus kunyit itu, apalagi sekarang udara kotor, terus makanan yang kita makan itu nggak selalu bersih banyak pengawet. Minum kunyit itu membantu fungsi liver sama menurunkan asam lambung. Orang Jepang itu suka sekali minum kunyit karena khasiatnya,” papar Irwan.

“Oleh karena itu kami mengajak masyarakat Indonesia untuk rutin minum kunyit. Saya sendiri minum kunyit setiap hari. Petani-petani di Indonesia juga banyak yang tanam kunyit,” lanjutnya.

Sebagai informasi, penghargaan juga diberikan kepada pengurus HKTI, petani muda, pelaku industri pertanian, pengusaha pertanian yang berkontribusi dan aktif berinovasi untuk perkembangan pertanian di Indonesia. (adv/adv)

Leave a reply

7 + eight =