Sukses Panen Raya Labu Madu Pemuda Tani HKTI Pekanbaru Pimpinan Williams Hagai Marpaung, Buah Diekspor ke Singapura

0
130
Panen raya labu madu Pemuda Tani HKTI Pekanbaru yang diketuai Williams Hagai Marpaung.
sumber berita : https://www.sabangmeraukenews.com/berita/10965/sukses-panen-raya-labu-madu.html

SABANGMERAUKE NEWS, Riau – Pemuda Tani HKTI Kota Pekanbaru menggelar panen raya labu madu di Kecamatan Kulim, Pekanbaru, Rabu (21/6/2023). Gebrakan para petani milenial Pekanbaru yang dikomandoi Williams Hagai Marpaung ini layak mendapat acungan jempol.

Lahan seluas hampir 3 hektare yang dikelola sejak 3 bulan lalu itu telah menghasilkan buah dengan kualitas terbaik. Tak tanggung-tanggung, sebanyak 20 persen hasil panen akan dikirim ke Singapura, sisanya dialokasikan untuk pasar lokal.

“Atas dukungan masyarakat sekitar dan kerja keras para petani milenial, kebun labu madu hari ini kita lakukan pemanenan tahap awal. Dua puluh persen hasilnya kita ekspor ke Singapura,” kata Ketua Pemuda Tani HKTI Kota Pekanbaru, Williams Hagai Marpaung.

Hadir dalam acara tersebut Penjabat Wali Kota Pekanbaru diwakili Asisten Bidang Ekonomi dan Pembangunan Setdako Ingot Hutasuhut, Dandim O301 Pekanbaru diwakili Danramil 04 Kapten Turba Marpaung, Kepala Dinas Pertanian Kota Pekanbaru Firdaus, Camat Kulim, para lurah dan jajaran Babinsa serta tokoh masyarakat, Karang Taruna dan pemuda setempat.

Williams menjelaskan, inspirasi awal dibangunnya pertanian labu madu karena kegelisahan banyaknya lahan-lahan tidur tidak produktif di Kota Pekanbaru. Pada sisi lain, banyak anak muda yang kesulitan mencari pekerjaan.

Karena, itu para anggota Pemuda Tani HKTI Pekanbaru melakukan pemetaan dan survei lahan untuk pemanfaatan lahan. Akhirnya diperoleh lahan yang bisa dimanfaatkan berada di Kecamatan Kulim.

“Jadi tidak hanya sebagai wacana, tapi memang kerja nyata. Kami langsung turun bersama pemuda setempat. Dan ternyata juga mendapat dukungan dari masyarakat serta pemerintah setempat,” terang Williams.

Sekitar dua bulan lalu, acara penanaman perdana kebun labu muda pun dilakukan. Kegiatan itu dihadiri langsung Gubernur Riau Syamsuar dan Danrem 031 saat itu masih dijabat oleh Brigjen TNI Parlindungan Hutagalung.

“Apa yang kita tanam sekitar dua bulan lalu, hasilnya saat ini kelihatan. Labu madu ini memiliki prospek pasar yang luas. Selain untuk konsumsi lokal, namun juga peluang ekspor. Ini yang kami lakukan dengan mengirimnya ke Singapura,” kata Williams.

Ia menjelaskan, kehadiran kebun labu madu itu telah membuka lapangan pekerjaan bagi kalangan petani milenial. Selain itu, lahan tidur milik warga di Kulim telah dikelola secara produktif.

Saat ini, Pemuda Tani HKTI Pekanbaru terus melakukan survei lahan masyarakat di Kota Pekanbaru untuk penjajakan pengelolaan menjadi lahan pertanian produktif.

“Kami terus lakukan survei lahan. Termasuk juga merekrut para petani milenial lainnya agar bergabung,” kata Williams.

Sebagai bentuk ucapan syukur atas keberhasilan panen raya tersebut, Williams pun memberikan bantuan sebanyak 30 paket sembako kepada masyarakat sekitar kebun labu madu.

“Semoga bantuan ini bermanfaat bagi warga. Ini sebagai ucapan syukur atas panen raya madu yang telah berhasil dan mendapat dukungan warga,” tegas Williams.

Penjabat Wali Kota Pekanbaru diwakili Asisten Bidang Ekonomi dan Pembangunan Setdako Ingot Hutasuhut menyampaikan rasa salut dan bangganya atas gebrakan yang dilakukan oleh Williams Hagai. Menurutnya, gerakan menanam dan memanfaatkan lahan tidur yang dilakukan Pemuda Tani HKTI ini layak dicontoh oleh masyarakat dan pemuda lainnya.

“Sejak dulu negara kita disebut sebagai negeri agraris. Tapi, tak banyak orang yang mau bertani. Saya sangat salut dan bangga, ternyata ada seorang pemuda di Pekanbaru bernama Williams Hagai dan rekan-rekannya yang mau berkarya nyata. Kita bangga dan sangat mendukung,” kata Ingot.

Menurutnya, apa yang dikerjakan oleh Williams dkk telah membantu program pemerintah dalam pemenuhan kebutuhan pangan.

“Hari ini kita punya ikon pemuda milenial yang mau turun mengelola lahan menjadi petani. Semoga muncul Williams-Williams lainnya di Pekanbaru,” tegasnya.

Kepala Dinas Pertanian Kota Pekanbaru, Firdaus juga bangga dengan aksi nyata Williams dkk. Pihaknya siap memberikan dukungan dan membantu pengembangan kegiatan pertanian, termasuk menambah komoditi jenis tanaman.

“Terus berkarya Bung Williams. Kamu sosok inspirasi anak muda Pekanbaru,” kata Firdaus.

Danramil 04 Limapuluh Kapten (Inf) Turba Marpaung menyebut program pertanian ini merupakan bentuk konkret mendukung program pemerintah dalam menggalakkan kampanye swasembada pangan. Pihaknya juga akan melakukan supporting dan monitoring kegiatan Pemuda Tani HKTI Pekanbaru yang sangat positif. (*)

Leave a reply

17 + 17 =