HKTI Kalbar Teliti Lumbung Pangan Kubu Raya

0
107
loka-karya-hkti-kalbar
sumber berita : https://www.infopublik.id/hkti-kalbar-teliti-lumbung-pangan-kubu-raya

Sungai Raya, InfoPublik – Bupati Kubu Raya Muda Mahendrawan mengapresiasi langkah-langkah Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (HKTI) Kalimantan Barat meningkatkan pertanian padi dengan berbagai pangan yang berpotensi meningkatkan ekonomi masyarakat.

“Pada umumnya rumah tangga yang berprofesi sebagai petani dapat tertopang dengan tanaman lain. Hingga ke pengelolaan produk UMKM,”katanya usai membuka kegiatan lokakarya dengan tema Membangun Sinergisitas Para Pihak Dalam Membangun Pertanian Padi/Pangan di Gardenia Hotel, Sui Raya pada Rabu (26/07/2023).

Upaya-upaya ini, agar penanaman padi tidak ditinggalkan usai panen. Para petani juga diberi pelatihan untuk berternak, budidaya ikan dan lainnya, ke depannya Kubu Raya akan menyiapkan data sesuai tata ruang hasil-hasil panen yang berkelanjutan.

“Inikan semacam rencana strategis, khususnya di Kubu Raya untuk Kalimantan Barat. Sebagai daerah sumber pangan yang dapat menopang IKN (Ibu Kota Negara) baik dari sektor padi, perternakan, budidaya ikan, tanaman holtikultura dan lainnya,”imbuhnya.

Sementara Wakil Ketua DPP HKTI Kalimantan Barat, Edi Sulyanto menuturkan lokakarya sengaja digelar pihaknya agar menemukan identifikasi yang dimana daerah Kubu Raya dikenal sebagai daerah lumbung padi ke dua setelah Kabupaten Sambas.

“Dengan demikina dapat menopang kebutuhan padi terutama untuk kota Pontianak. Namun data dari BPS ada penurunan produksi padi sehingga berdampak produk padi. Disinilah mau kita lakukan penelitian,” terangnya.

Penelitian ini, tambahnya tidak bersifat normatif namun secara spesifkasi menemukan akar permasalahan serta solusi dengan terobosan-teroboson. Dapat mempertahankan profesi petani sebagai profesi yang menjamin perekonomian rumah tangga.

“Yang kita harapkan Kubu Raya ini tidak bergeser kedudukannya sebagai lumbung padi kedua dari Sambas. (ird/Mc KubuRaya/Eyv)

Leave a reply

fifteen + four =