HKTI Kuningan Bersama Mahasiswa dan Pencinta Lingkungan Gelar Kegiatan Sosial di Sungai Cisanggarung

0
636
Ketua HKTI Kuningan Hanyen Tenggono Terlibat dalam kegiatan bersih-bersih di Sungai Cisanggarung.
sumber berita : https://cirebon.tribunnews.com/2023/08/29/hkti-kuningan-bersama-mahasiswa-dan-pencinta-lingkungan-gelar-kegiatan-sosial-di-sungai-cisanggarung

TRIBUNCIREBON.COM, KUNINGAN – Sejumlah pengurus HKTI (Himpunan Kerukunan Tani Indonesia) Kuningan dan seratusan relawan terdiri dari mahasiswa serta anggota masyarakat dari berbagai lapisan turut serta dalam kegiatan sosial lingkungan di bantaran Sungai Cisanggarung, Selasa (29/8/2023).

Menurut Ketua HKTI Kuningan Hanyen Tenggono, aksi bersejarah di hulu Sungai Cisanggarung sebagai upaya melestarikan dan menjaga kebersihan bantaran sungai dari beragam limbah.

“Sebab, sungai ini merupakan bagian dari kehidupan yang tidak bisa dipisahkan dari masyarakat. Terutama dalam melangsungkan kegiatan pertanian dan untuk budidaya ikan,” ujarnya.

Mereka, kata Hanyen, bukan hanya membersihkan sungai dari sampah, tapi juga mendapatkan pemahaman tentang pentingnya menjaga sumber air ini.

“Terutama dalam mendukung sektor pertanian. Air memiliki peran sentral dalam kehidupan masyarakat, terutama di bidang pertanian dan ketahanan pangan,” katanya.

Bentuk kegiatan ini, kata dia menyebut untuk kesejahteraan bersama, dan sebagai contoh nyata dari semangat gotong royong dalam melestarikan alam.

“Kami percaya bahwa upaya ini akan memberikan dampak positif yang jauh melampaui hari ini, dengan air yang lebih bersih dan lingkungan yang lebih sehat bagi pertumbuhan tanaman. Ini adalah langkah besar dalam memastikan masa depan pertanian yang berkelanjutan,” katanya.

Taufiqqurahman, Ketua KKN yang juga Mahasiswa UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, saat berada di Desa Kadugede, mengemuka aksi bersih-bersih sungai ini sebagai komitmen untuk memberikan kontribusi positif bagi masyarakat.

“Kami merasa tanggung jawab terhadap lingkungan dan masyarakat sekitar. Melalui aksi ini, kami ingin mengajak semua pihak untuk peduli terhadap kebersihan sungai dan lingkungan,” ucapnya.

Acara ini tak hanya diikuti pengurus HKTI dan mahasiswa yang sedang Kuliah Kerja Nyata (KKN) dari Universitas Islam Negri Kalijaga, Yogyakarta.

Hadir juga dari Aliansi Masyarakat Pencinta Aliran Sungai, Senkom Mitra Polri, Damkar UPT Satpol PP Kuningan, HKTI Kuningan, Padepokan Saung Riung Gunung, tokoh agama dan masyarakat setempat, budayawan, Padepokan Cipta Weuning, Gema Jabar Hejo, Sekretaris Komisi III DPRD Kuningan, TBM Pondok Kata RZ BBWS Cimanuk – Cisanggarung, dan BPBD Kuningan.

Leave a reply

14 − eleven =