Lia Istifhama Puji UMKM Sidoarjo Binaan Pertani HKTI Jatim Adaptif Ikuti Perkembangan Pasar

0
122
UMKM Sidoarjo binaan Pertani HKTI Jawa Timur
sumber berita : https://beritahu.co/lia-istifhama-puji-umkm-sidoarjo-binaan-pertani-hkti-jatim-adaptif-ikuti-perkembangan-pasar/

Beritahu, Sidoarjo – Ketua Perempuan Tani (Pertani) HKTI Jatim Lia Istifhama memuji UMKM Sidoarjo binaan Pertani HKTI Jawa Timur berupaya naik kelas dengan melakukan studi banding ke beberapa daerah, bahkan dalam waktu dekat masuk ke ranah perdagangan regional dengan melakukan studi banding ke Yogyakarta pada September nanti.

Lia Istifhama mengakui langkah luar biasa yang diambil UMKM Sidoarjo yang merupakan binaan Pertani HKTI Jatim dengan aktif mengikuti pameran UMKM di berbagai tempat, mereka juga mampu mengadopsi misi dagang Gubernur Khofifah Indar Parawansa, yaitu dengan melakukan studi banding.

“Jika sebelumnya pernah studi banding ke Pasuruan, Kediri dan Madiun, mereka ini bukti kongkrit dan nyata bagaimana mereka bukan hanya emak-emak yang menerima uang suami, melainkan juga turut menambah penghasilan untuk kebutuhan rumah tangga mereka. Bahkan, tak sedikit yang merupakan janda atau single parent,” jelasnya. Minggu (16/7/2023).

Lia yang juga Doktoral Ekonomi Islam UINSA juga menegaskan bahwa UMKM tersebut sangat profesional dan adaptif.

“Mereka ini sangat up to date mengikuti perkembangan pangsa pasar dan preferensi konsumen. Salah satunya, mereka memiliki aplikasi QRIS untuk kemudahan transaksi jual beli. Karena model cashless memudahkan pembayaran jual beli, yaitu efektif dan efisien,” ucapnya.

Tak lupa, perempuan yang biasa disapa ning Lia ini pun menyebut sosok penggerak di dalam UMKM binaannya adalah Endang Prasetyowati, warga Sidoarjo.

“Kebetulan, saya memiliki teman bernama bu Endang. Beliau inilah yang sangat telaten merangkul teman-teman UMKM, sekaligus kerja nyata membangun jejaring agar UMKM kami tetap eksis,” jelasnya.

Secara terpisah, Endang menjelaskan harapannya terhadap UMKM Pertani HKTI.

“Sejauh ini, kami bersyukur masih sangat masif. Bahkan rutin hampir setiap minggu, kami mengisi pameran di berbagai tempat, baik itu di kantor instansi seperti Pegadaian, alun-alun, dan sebagainya. Semangat kami sangat tinggi, jadi kami harap pemerintah juga terus membuka kesempatan mengundang kami mengisi pameran. Namun kami juga berharap, pameran UMKM diimbangi dengan acara menarik agar ramai pengunjung,” jelasnya.

UMKM Pertani HKTI sendiri terbentuk pasca Idul Fitri 2023, dan hingga kini masih eksis. Diantara giat mereka selain mengisi pameran dan studi banding, juga aktif membuat gelaran lomba-lomba serta pelatihan membuat kue dan segala macam masakan, diantaranya yang dihelat di mall Ciplaz dan Kantor Pegadaian Sidoarjo.(bi1)

Leave a reply

1 + fourteen =