Moeldoko Lantik Pengurus HKTI, Ingatkan Petani Tidak Identik dengan Pacul dan Lumpur

0
56
Ketua Umum Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (HKTI) Moeldoko saat melantik pengurus DPD HKTI, di Jakarta.
sumber berita : https://www.kompas.tv/moeldoko-lantik-pengurus-hkti-ingatkan-petani-tidak-identik-dengan-pacul-dan-lumpur

JAKARTA, KOMPAS.TV – Ketua Umum DPP Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (HKTI) Moeldoko melantik pengurus HKTI untuk empat provinsi.

Dalam kesempatan itu dia mengingatkan untuk aktif memanfaatkan teknologi digital, karena petani di masa depan tidak akan lagi identik dengan pacul dan lumpur.

“Gunakan perkembangan teknologi, informasi dan digitalisasi untuk membangun SDM petani milenial, karena ke depan petani dan pertanian tidak identik dengan pacul dan berlumpur,” kata Moeldoko, di Jakarta, Jumat (8/10/2021) malam.

Dia meminta pengurus HKTI untuk selalu memanfaatkan teknologi termasuk aplikasi digital untuk melahirkan kreativitas dan inovasi yang menjadi karakter HKTI masa kini.

Namun, Kepala Staf Kepresidenan ini mengingatkan bahwa teknologi tidak selalu menguntungkan. Kegunaannya bergantung kepada pemanfaatanya. Karena itu menurut Moeldoko, butuh kecerdasan dalam memanfaatkan teknologi.

Dia menegaskan dengan kecerdasan makan teknologi dapat membangun organisasi yang solid dan bermanfaat besar bagi sektor pertanian maupun petani.

“Kita sadari sepenuhnya bahwa perkembangan teknologi, informasi dan digitalisasi dapat menjadi kekuatan dalam membangun organisasi, tetapi juga kita harus sadar bahwa perkembangan teknologi, informasi dan digitalisasi bisa menjadi pelemahan soliditas HKTI,” ujar mantan Panglima TNI ini.

Tak lupa Moeldoko berpesan agar DPD HKTI untuk selalu menjadi Bridging Institution yang dapat memperkuat hubungan dengan pemerintah maupun pemangku kepentingan terkait. Hal ini sesuai dengan konteks kemitraan yang dianut DPP HKTI dalam menjalankan roda organisasi.

“Dalam konteks kemitraan, HKTI adalah the Bridging Institution, jadilah The Bridge yang dapat memberikan jalan terbaik bagi setiap mitra strategis,” ungkapnya.

Empat Kepengurusan DPD Provinsi HKTI yang dilantik Moeldoko yakni Lampung, Jawa Timur, Kalimantan Tengah dan Sulawesi Selatan.

Dalam pelantikan, Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo juga turut memberikan kata sambutan secara virtual.

Pelantikan ditandai dengan Pembacaan Naskah Pelantikan oleh Moeldoko di hadapan para Ketua DPD yakni Ketua DPD HKTI Provinsi Lampung Umar Ahmad (Bupati Tulang Bawang Barat), Ketua DPD HKTI Provinsi Jawa Timur Ony Anwar Harsono (Bupati Ngawi), Ketua DPD HKTI Provinsi Kalimantan Tengah Perdy M Yoseph (Bupati Murung Raya) dan Ketua DPD HKTI Provinsi Lutfi Halide Wakil (Bupati Soppeng).

Setelah pembacaan pelantikan , dilakukan dengan penyerahan petaka HKTI kepada masing-masing Ketua DPD dan dilanjutkan dengan pembacaan ikrar oleh para Ketua DPD.

Leave a reply

sixteen − 13 =