Pertanian Indonesia Alami Kemunduran, Moeldoko Beberkan Penyebabnya

Ketua Umum DPP Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (HKTI), Jenderal TNI (purn) Moeldoko menjelaskan tantangan berat para petani di Indonesia adalah polemik lahan yang semakin tergerus.
0
58
Jenderal Purn Moeldoko
sumber berita : https://www.tvonenews.com/pertanian-indonesia-alami-kemunduran-moeldoko-beberkan-penyebabnya

Jakarta, tvOnenews.com – Ketua Umum DPP Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (HKTI), Jenderal TNI (purn) Moeldoko menjelaskan tantangan berat para petani di Indonesia adalah polemik lahan yang semakin tergerus.

Dalam hal ini, Moeldoko menuturkan ada dua sumber permasalahan yang menyebabkan petani Indonesia mengalami kemunduran. Pertama permasalahan internal dan kedua permasalahan eksternal.

“Tantangan kita cuma satu yaitu petani di Jawa rata-rata nyewa, bukan tanah sendiri. Dia enggak peduli tanahnya rusak yang penting hasilnya banyak,” kata dia, saat Seminar Nasional Pangan, Hotel Sultan, Jakarta Pusat, Kamis (16/3/2023).

Selain masalah lahan, juga dipicu permasalahan tanah keras lantaran kerap menggunakan pupuk secara berlebihan. “Kemudian masalah akses permodalan, walaupun pemerintah mengeluarkan dana yang sangat tinggi namun tidak dapat dimanfaatkan dengan baik. Selanjutnya masalah teknologi, petani kita itu tidak biasa menghitung, dan kerap tidak menerima kehadiran teknologi,” jelasnya.

Sementara untuk persoalan eksternal sendiri, Moeldoko mengatakan masyarakat tidak menyadari bahwa dampak dari geopolitik menyebabkan kesulitan mengakses pupuk impor dari Belarusia. “Begitu ada kisruh, perang, harga pupuk luar biasa. Kita enggak nyangka kalau persoalan geopolitik itu mempengaruhi para petani,” tandasnya.

Faktor eksternal lainnya adalah fenomena alam, di mana terjadi La Nina 188.662 hektar yang mengalami lahan sawah terendam banjir setiap tahun. Kemudian faktor El Nino di mana seluas 255.974 hektar lahan sawah mengalami kekeringan setiap tahunnya. (agr/ree)

Leave a reply

20 − fifteen =