HKTI Aceh Timur Apresiasi Program Makmur PT PIM untuk Kesejahteraan Petani

0
44
Ketua HKTI Aceh Timur, Dr Firman Dandy, SE, MSi memberikan sambutan saat panen raya padi Program Makmur PT PIM dan PT SHS di Gampong Blang Andam, Kecamatan Madat, Aceh Timur.
sumber berita : https://aceh.tribunnews.com/hkti-aceh-timur-apresiasi-program-makmur-pt-pim-untuk-kesejahteraan-petani

SERAMBINEWS.COM, IDI – Dewan Pimpinan Kabupaten Himpunan Kerukunan Tani Indonesia ( HKTI) Aceh Timur mengapresiasi program kerja sama pembinaan petani yang digagas PT Pupuk Iskandar Muda dan PT Sang Hyang Seri untuk membantu mensejahterakan petani.

Karena itu, ke depan HKTI Aceh Timur juga siap berkolaborasi untuk membantu kesejahteraan petani di Aceh Timur.

“Ke depan kita akan berkolaborasi dengan semua stakeholder untuk meningkatkan kesejahteraan petani,” ungkap Ketua HKTI Aceh Timur, Dr Firman Dandy, SE, MSi dalam sambutannya saat panen raya padi Program Makmur PT PIM dan PT SHS di Gampong Blang Andam, Kecamatan Madat, Aceh Timur, Rabu (10/5/2023).

Dandy juga mengapresiasi eksistensi Koperasi Tambak Sari binaan PT PIM dan PT SHS yang kini konsen memproduksi bibit padi unggul di Kecamatan Madat. Menurut Dr Dandy, program kolaborasi ini sangat positif.

Di mana PT PIM menyediakan pupuk, petani menyediakan lahan, BSI menyediakan pembiayaan Kredit Usaha Rakyat (KUR), dan PT SHS membeli hasil panen padi.

“Ini adalah terobosan cerdas. Karena itu, kita akan berkolaborasi menjadi team work yang ideal untuk membantu mewujudkan kesejahteraan petani,” ungkap Dand

Sementara itu, PM Agrosolusion PT PIM, Athaillah mengatakan, PT Pupuk Iskandar Muda (PIM) telah menjalankan Program Makmur yang diinisiasi oleh Kementerian BUMN.

Program ini bertujuan untuk mengedukasi, membina serta membantu petani dalam upaya meningkatkan kesejahteraan melalui peningkatan kualitas dan kuantitas hasil produksi pertanian-nya.

“Program ini untuk menunjang peningkatan hasil panen komoditas pertanian dengan mengunakan pupuk non-subsidi di wilayah Sumbagut, khususnya Provinsi Aceh,” ungkap Athailah.

Petani yang tergabung dalam Program Makmur nantinya akan mendapatkan berbagai kemudahan.

Seperti fasilitas KUR perbankan, ketersediaan stok dan harga pupuk yang sesuai, pembinaan dari tanam sampai panen, asuransi pertanian, serta harga jual hasil panen yang kompetitif.(*)

Leave a reply

five × one =